Contact

(0721)780887

email

green@radenintan.ac.id

Apa itu Environmental Management Awards (EMA)?

Environmental Management Awards adalah penghargaan yang diberikan kepada program studi, fakultas dan unit kerja di lingkungan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung yang memiliki dedikasi terbaik dalam merancang dan memelihara lingkungan hijau, bersih, dan berkelanjutan. Penghargaan ini akan diselenggarakan secara rutin setiap tahun untuk menilai kemajuan gerakan lingkungan di internal Kampus Hijau UIN Raden Intan Lampung. Tahun 2021 adalah tahun kedua diselenggarakannya Environmental Management Awards, dan selanjutnya disebut EMA 2021.

Apa tujuan Environmental Management Awards (EMA) 2021?

EMA 2021 bertujuan untuk memberikan apresiasi serta pemeringkatan kepada program studi, fakultas dan unit kerja yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan bergerak bersama-sama mewujudkan UIN Raden Intan Lampung sebagai Rujukan Internasional dalam Pengembangan Ilmu Keislaman Integratif-Multidisipliner Berwawasan Lingkungan Tahun 2035.

Siapa saja yang bisa berpartisipasi?

Partisipan dari EMA 2021 berasal dari seluruh program studi, fakultas, dan unit kerja yang ada di lingkungan UIN Raden Intan Lampung.

Apa manfaat dari EMA 2021

1. Pengakuan

UIN Raden Intan Lampung mendapatkan penghargaan sebagai Green Campus terbaik ke-10 se-Indonesia versi UI Green Metric Ranking pada tahun 2020. Hal ini tentunya merupakan kerjasama para sivitas akademika di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. Dengan adanya penghargaan ini diharapkan dapat membantu mewujudkan UIN Raden Intan pada peringkat yang lebih baik lagi. Pemberian penghargaan secara internal juga diperlukan bagi program studi, fakultas dan unit kerja dalam rangka membumikan gerakan lingkungan lebih terstruktur dan masif di Kampus Hijau UIN Raden Intan Lampung.

2. Meningkatkan kesadaran pada permasalahan berkelanjutan

Sivitas akademika berpotensi menjadi change agent dalam hal pelestarian lingkungan. Dengan adanya penghargaan ini diharapkan seluruh komponen akademik dari unit terkecil (program studi) hingga unit lebih kompleks (fakultas) dan juga unit kerja bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan kampus.

3. Perubahan dan aksi sosial

EMA 2021 bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat kampus agar ikut terlibat dan memahami bahwa saat ini kita sedang menghadapi krisis lingkungan secara global sehingga kesadaran ini menjadi penting untuk diwujudkan dalam aksi nyata.

Kapan Environmental Management Awards dilaksanakan?

Masa pengajuan data: 07 Juli 2021 – 10 September 2021
Masa penilaian: 13 September  – 01 Oktober 2021
Validasi data: 13 – 21 September 2021
Site visit: 22 September – 01 Oktober 2021
Pengumuman Hasil: Oktober 2021 (Dies Natalis UIN ke-53)

Siapa Tim Penilai Environmental Management Awards?

Tim penilai terdiri dari unsur pimpinan universitas, fakultas, unit-unit terkait dan tim auditor internal Sistem Manajemen Lingkungan UIN Raden Intan Lampung.