Inilah Lima Besar Kampus Hijau Nasional Tahun 2017

Memiliki kampus yang hijau, rindang, dan nyaman tentu menjadi idaman bagi para mahasiswa. Kampus dengan sarana dan prasarana yang mendukung pasti akan menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa. Apalagi jika kampusnya memiliki banyak ruang terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan oleh sivitas akademika untuk berbagai kegiatan seperti belajar kelompok, diskusi, dan sebagainya. Selain itu, banyaknya sarana green campus juga akan menjadi tujuan masyarakat sekitar dalam sekedar rekreasi murah serta sehat. Dikutip dari laman UI GreenMetric World University Ranking, berikut adalah 5 kampus terhijau di Indonesia tahun 2017:

1. Universitas Indonesia

Foto: Kampus Universitas Indonesia (hipwee.com)

Kampus Universitas Indonesia menempati peringkat pertama sebagai universitas paling hijau di Indonesia berdasarkan data dari UI GreenMetric World University Ranking atau pemeringkatan universitas paling hijau. Hasil penilaian menunjukkan total skor 6519. UI juga menempati urutan 23 dunia sebagai kampus paling hijau.

2. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Foto: Kampus Institut Pertanian Bogor (ipb.ac.id)

Kampus Institut Pertanian Bogor menempati peringkat kedua sebagai universitas paling hijau di Indonesia berdasarkan data dari UI GreenMetric World University Ranking atau pemeringkatan universitas paling hijau. Hasil penilaian menunjukkan total skor 6076. IPB juga menempati urutan 52 dunia sebagai kampus paling hijau.

3. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Foto: Kampus Institut Sepuluh November (Tribunnews.com)

Kampus Institut Teknologi Sepuluh November menempati peringkat ketiga sebagai universitas paling hijau di Indonesia berdasarkan data dari UI GreenMetric World University Ranking atau pemeringkatan universitas paling hijau. Hasil penilaian menunjukkan total skor 6059. ITS juga menempati urutan 57 dunia sebagai kampus paling hijau.

4. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Foto: Kampus Universitas Negeri Semarang (JowoNews.com)

Kampus Universitas Negeri Semarang menempati peringkat keempat sebagai universitas paling hijau di Indonesia berdasarkan data dari UI GreenMetric World University Ranking atau pemeringkatan universitas paling hijau. Hasil penilaian menunjukkan total skor 5785. Unnes juga menempati urutan 84 dunia sebagai kampus paling hijau.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Foto: Kampus Universitas Sebelas Maret (fk.uns.ac.id)

Kampus Universitas Sebelas Maret menempati peringkat kelima sebagai universitas paling hijau di Indonesia berdasarkan data dari UI GreenMetric World University Ranking atau pemeringkatan universitas paling hijau. Hasil penilaian menunjukkan total skor 5729. UNS juga menempati urutan 95 dunia sebagai kampus paling hijau.

Lalu, siapa saja yang akan menyandang predikat sebagai kampus-kampus terhijau di Indonesia dan dunia versi UI GreenMetric pada tahun 2018 ini? Mohon bersabar ya para pembaca, jawabannya kita tunggu hingga akhir Desember 2018 dimana hasil pemeringkatan terhadap universitas dari seluruh dunia akan diumumkan. Kita juga bisa menceknya pada laman http://greenmetric.ui.ac.id.
Salam kampus hijau, hijaukan kampusmu hijaukan hudupmu. (RS)

Tinggalkan Balasan