Contact

(0721)780887

email

green@radenintan.ac.id

UIN Raden Intan Lampung mengirimkan 2 delegasi mahasiswa dalam kegiatan NSLSM di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, atas nama Nili Roslina (Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi) dan Nendo Ferdianto (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan).  Acara ini berlangsung selama 3 hari, dari 08-10 November 2022. NSLSM merupakan agenda tahunan yang diinisiasi oleh UI GreenMetric untuk mengedukasi generasi muda terkait perannya dalam pengelolaan lingkungan berkelanjutan. Tahun 2022 merupakan kali kedua NSLSM dilaksanakan, tuan rumah pelaksanaan NSLSM yang pertama adalah UIN Raden Intan Lampung.  NSLSM merupakan kegiatan yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Pada tahun 2022 NSLSM diikuti oleh 35 Universitas, dengan total peserta sebanyak 64 peserta.

Opening Ceremony dihadiri oleh Rektor Untirta beserta jajarannya, Perwakilan Gubenur Banten, Dinas KLHK Provinsi Banten, Ketua dan wakil ketua UI GreenMetric serta tim UI GM.  Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., M.T membuka acara NSLSM 2022 di Auditorium Ruang Multimedia Untirta. Rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu Deklarasi sumpah mahasiswa Indonesia menjaga lingkungan, dilanjutkan materi yang disampaikan oleh Arifah Handayani tentang “Environmental Leadership and Theory of Change”. Acara selanjutnya yaitu Forum Group Discussion Rencana Aksi, sebelumnya mahasiswa telah dibagi menjadi 6 kelompok besar yang membahas enam tema penting terkait pengelolaan lingkungan di kampus. Enam tema besar yang diberikan adalah infrastruktur kampus yang berkelanjutan, energi & perubahan iklim, pengolahan sampah, penggunaan ai, transportasi, pendidikan & riset. Delegasi UIN Raden Intan Lampung masuk dalam 2 tema FGD, Nendo Ferdianto dalam tema penggunaan air dan Nili Roslina dalam tema pendidikan & riset.

Agenda di hari berikutnya (10 November 2022), mahasiswa melakukan kunjungan ke bendungan Sindangheula, dan mendapatkan materi dari kepala BBWSC3 Provinsi Banten tentang “Teknologi bendungan”, dilanjutkan materi tentang “Peluang karir di bidang energi hijau” oleh Welly Anggraini.  Penanaman pohon, dan city tour mengunjungi Museum Situs Kepurbakalaan dan Masjid Agung Banten menutup agenda sore pada hari itu.  Pada malam hari dilanjutkan dengan agenda closing ceremony, pada kesempatan ini Dr. Junaidi, M.A selaku wakil ketua UI GreenMetric menyampaikan NSLSM ke-3 akan dilaksanakan di Universitas Padjajaran, Bandung. Closing ceremony dimeriahkan dengan berbagai tarian tradisional yang apik, mewakili sejumlah daerah di Indonesia. Pengumuman pemenang juga memeriahkan rangkaian kegiatan pada malam hari, pemenang esai terbaik pertama diperoleh Muzaki Kurnianto yang berasal dari ITS dengan  tema pengolahan sampah.  Delegasi UIN Raden Intan Lampung, Nendo Ferdianto mendapat peringkat 2 kelompok FGD terbaik dalam tema penggunaan air. (IL)

Green Campus

Green Campus UIN Raden Intan Lampung

Artikel yang Disarankan