Contact

(0721)780887

email

green@radenintan.ac.id

National Student Leaders Sustainability Meeting (NSLSM) merupakan agenda tahunan yang dinaungi oleh UI Green Metric. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. NSLSM tahun 2023 adalah agenda edisi ketiga. Pada tahun 2021, NSLSM dilaksanakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung. Edisi kedua dilaksanakan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Universitas Padjajaran ditunjuk sebagai tuan rumah NSLSM edisi ketiga yang dilaksanakan pada 4-6 September 2023. The 3rd NSLSM mengangkat tema “Innovation, Impacts, Future Direction of Sustainable Universities”. Pada tahun ini, NSLSM diikuti oleh 74 mahasiswa dari 43 universitas di Indonesia yang telah lolos tahap seleksi esai dengan topik “Ekonomi Sirkular”. Dari 74 mahasiswa yang lolos seleksi, UIN Raden Intan Lampung berhasil mengirim 2 delegasi pada NSLSM edisi ketiga ini. Mahasiswa tersebut atas nama Fahmi Azrial dari program studi Biologi dan Arif Fauzy dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Dengan dilaksanakan nya kegiatan ini bertujuan untuk para peserta agar bisa belajar mengenai praktik sirkular dari pembangunan berkelanjutan, khususnya pembangunan berkelanjutan di perguruan tinggi

Kegiatan hari pertama pada gelaran the 3rd NSLSM yaitu Gala Dinner dan ramah tamah yang bertempat di Hotel Taman Melati Jatinangor. Kegiatan tersebut mengusung tema pakaian adat masing-masing daerah. Delegasi UIN Raden Intan Lampung menggunakan adat Lampung sebagai pakaian pada kegiatan tersebut. Pada malam itu dilaksanakan juga kegiatan seru-seruan seperti games dan pembagian doorprize.
NSLSM edisi ketiga dibuka oleh Rektor Universitas Padjajaran yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Padjajaran, Bapak Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc., yang dilaksanakan di Bale Santika Universitas Padjajaran. Acara pembukaan tersebut juga dihadiri oleh Ibu Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc. (Chairperson of UI GreenMetric). Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai UI GreenMetric yang disampaikan oleh Bapak Dr. Junaidi, S.S., M.A. (Vice-Chair of Program, Communication, and Partnership of UI GreenMetric). Selanjutnya dilaksanakan kegiatan sesi panelis dan Focus Group Discussion (FGD). Sesi panelis merupakan penguatan materi yang dinarasumberi oleh beberapa narasumber dari berbagai bidang kajian.
Sesi panelis dibagi menjadi 2 tahap. Pada tahap 1, materi disampaikan oleh Ibu Umi Karomah Yaumidin, S.E., M.Econ.St. (Researcher of Research Centre for Economy, LIPI) dengan topik “A Transition Toward Circular Economy: Transformative Learning in Education for Sustanaible Development” dan Bapak Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc. (Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Padjajaran) yang menjelaskan tentang penerapan Ekonomi Sirkular di Universitas Padjajaran. Dilanjutkan dengan sesi panelis tahap 2 yang diisi oleh Bapak Alfred Boediman, Ph.D. (Co-Founder and Partner of Jawara Ventures) dengan topik “Circular Economy Applications in Professional World” dan Ibu Michelle Azista, M.Si. (CEO of PT Amorina Kirana Adiwarna) yang memberikan gambaran mengenai produk dari PT Amorina Kirana Adiwarna. Setelah sesi panelis, dilaksanakan penguatan materi FGD oleh Bapak Dr. Budi Irawan, S. Si, M.Si yang menyampaikan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan oleh Bapak Dr. Asep Mulyana membahas tentang (Ekonomi Sirkuler dan contoh dari Unpad secara singkat) yang diikuti oleh seluruh peserta kegiatan.

Pada sesi FGD (Focus Group Discussion) peserta terbagi dalam enam kelompok. Perwakilan UIN, Arif Fauzy masuk ke kelompok pertama yang membahas tentang Setting & Infrastructure, dan Fahmi Azrial membahas tentang Transportation, pada kegiatan ini setiap kelompok membuat materi untuk di presentasikan dan mengirimkan dua orang untuk mepresentasikan hasil diskusinya. Acara terakhir pada malam harinya yaitu pengumuman dan pembagian doorprize.

Pada hari ketiga NSLSM (National Student Leaders Sustainability) peserta di arahkan menuju Leuwi 1 Padjadjaran (Ekoriparian) Universitas Padjadjaran untuk (Pengenalan Arboretum Universitas Padjadjaran ) yang di sampaikan oleh Bapak Joko Kusmoro, Drs., M.P. setelah penyampaian materi para peserta melakukan kegiatan aksi lingkungan yaitu penanam pohon glodokan, dan menyebar Ikan, Ikan Mujair, Ikan Nila dan Ikan Mas. Setelah aksi lingkungan, sesi selanjutnya peserta di ajak oleh Tour Guide untuk tur kampus Universitas Padjadjaran, meperkenalkan setiap bangunan yang ada di sana salah satu nya, Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran yang berdiri sejak tahun 2012 dan menjelaskan sumber energi panel surya yang tidak jauh dari Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran. Sesi terkahir acara pada hari ketiga NSLSM peserta diarahkan menuju Gor Badminton untuk makan siang dan games, quiz oleh Bapak Joko Kusmoro, Drs., M.P. dan acara (The 3rd NSLSM tahun 2023 di Universitas Padjadjaran) di tutup oleh Bapak Dr. Teguh Husodo, M.Si. (AOSP)

Green Campus

Green Campus UIN Raden Intan Lampung

Artikel yang Disarankan