Rektor Pesankan Untuk Jaga dan Lestarikan Lingkungan

Humas UIN RIL – Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. H. Moh. Mukri, M.Ag pesankan sivitas UIN untuk jaga dan lestarikan lingkungan. Menurutnya, berbuat baik tidak hanya kepada manusia, tetapi juga kepada alam.

“Menjaga kebersihan, menjaga alam, itu ada dalilnya. Alam ini pun bertasbih, hanya mungkin kita saja yang tidak tahu. Mari kita niatkan dan berbuat untuk melestarikan alam, melestarikan kehidupan,” kata Prof Mukri seraya mengutip hadis Nabi tentang kebersihan dan Surat Ar Rum ayat 41 tentang lingkungan, pada kegiatan penanaman 1000 pohon di lingkungan UIN Raden Intan, Sukarame, Bandar Lampung, Minggu (28/10/2018).

Penanaman 1000 pohon ini merupakan rangkaian dari ulang tahun emas IAIN-UIN Raden Intan ke-50. Selain itu, kegiatan ini merupakan langkah nyata UIN untuk mewujudkan eco-campus rujukan internasional.

Rektor juga menghimbau untuk menjaga kebersihan kampus dan membuat kampus menjadi asri. “Mari berpikiran dan berkepribadian cinta kita kepada lingkungan. Kita kelola (kampus) dengan baik,” ungkapnya.

“Ke depan itu harus by desain. Kita tanam hutan ini. Siapapun pemimpinnya ke depan, kita ingatkan tentang lingkungan. Kita niatkan ini untuk kesolehan sosial dan untuk berbuat kebaikan,” lanjut Rektor.

Ia juga mengingatkan, penanaman pohon dan melestarikan lingkungan bukan sekedar untuk mendapat peringkat. “Kita berbuat saja dulu, lakukan yang terbaik. Urusan pemeringkatan green campus, itu biar pihak lain yang menilai. Yang penting, yang kita lakukan bisa bermanfaat,” tukasnya.

Dikesempatan yang sama, ketua pelaksana penanaman pohon Dr. Eko Kuswanto, M.Si mengapresiasi sivitas UIN khususnya pimpinan untuk membuat green campus. Menurut dosen Pendidikan Biologi ini, penanaman pohon tidak hanya berhenti saat ini saja.

“Kita sudah ada planning untuk mewujudkan UIN menjadi eco-campus rujukan internasional. Penanaman dan perawatan tanaman ini juga akan terus berlanjut,” papar Eko.

Kegiatan penanaman pohon ini diikuti oleh unsur pimpinan, pegawai dan juga mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. (NF/HI)

Tinggalkan Balasan