Contact

(0721)780887

email

green@radenintan.ac.id

Pada Hari Selasa, (25/07) Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) UIN Raden Intan Lampung menghadiri rapat kerja kegiatan pelatihan penelitian Eco Enzyme di Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Yogyakarta pada tanggal 25 – 26 Juli 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh 23 perguruan tinggi di Indonesia baik secara offline maupun online. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si , dalam kesempatan ini Rektor menyampaikan terkait pentingnya mengolah sampah organik seperti Eco Enzym, karena Eco Enzym berkontribusi mengembangkan berbagai produk untuk mengurangu zat kimia dan diharapkan seluruh akademisi menjadi agen perubahan lingkungan. Pada dasarnya, isu lingkungan ini tidak akan pernah terselesaikan apabila kurangnya tingkat partisipasi masyarakat. Maka dari itu, seringkali mahasiswa yang termasuk generasi muda berperan sebagai panutan masyarakat.

Sementara itu, Dr. Junaidi, S.S., M.A Wakil Ketua UI GreenMetric World University Rankings Network menyampaikan bahwa ada 15 Anggota TIM penggerak Eco Enzyme untuk sementara ini, diharapkan agar kegiatan yang berbasis lingkungan hidup semakin ditingkatkan. Bukan hanya  di kampus, tetapi juga merata ke semua masyarakat. Menurut Dr. Ir. Nurzainah Ginting, M.Sc Universitas Sumatera Utara (Ketua Tim Eco-Enzyme), Eco Enzyme memiliki banyak manfaat yang begitu besar di berbagai bidang dalam kehidupan mulai dari pembersih, pengganti detergent, kecantikan, antimikrob, bidang peternakan hingga dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Namun memiliki tantangan terbesar dalam memunculkan kesadaran masyarakat agar mulai mengaplikasikan Eco Enzyme dalam kehidupan sehari-hari.

Dra. Winarsih M.Kes Universitas Negeri Surabaya (Koordinator Informasi) menyampaikan bahwa Eco Enzyme merujuk pada biokatalisator atau zat yang mempercepat reaksi Eco Enzyme yang dapat digunakan sebagai pembersih alami yang ramah lingkungan, membantu polusi, serta mengurangi jejak karbon yang dihasilkan oleh produksi dan penggunaan produk pembersih konvensional.

Dr. Ir. R.R. Rukmowati Brotodjojo, M.Agr, UPN Veteran Yogyakarta (Koordinator Pelatihan) Ezo Enzyme UI GreenMetric mengatakan bahwa dengan diadakan kegiatan rapat kerja tentang Eco Enzyme bisa menjadi kesempatan untuk berbagi hasil positif penggunaan Eco Enzyme, seperti pengurangan limbah, efisiensi energi, atau penghematan biaya. Rapat kerja bisa menjadi wadah untuk memperkuat komitmen seluruh tim atau anggota terhadap keberlanjutan dan tanggung jawab lingkungan. Dengan menbahas Eco Enzyme, dapat membantu membangun kesadaran akan pentingnya kontribusi setiap individu terhadap perlindungan lingkungan. (AMG)

Green Campus

Green Campus UIN Raden Intan Lampung

Artikel yang Disarankan