Pelatihan Tim Audit Internal ISO 14001:2015 UIN Raden Intan

Bandar Lampung – Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung terus menunjukkan komitmen dan keseriusannya terhadap keberlanjutan lingkungan dengan membentuk dan melatih tim khusus untuk sertifikasi ISO 14001:2015.

Dijumpai saat pelatihan (17/9), Dr. Eko Kuswanto, M.Si. selaku ketua tim menyampaikan bahwa pelatihan langsung sudah berjalan sekitar satu minggu dan dibimbing oleh instruktur profesional setelah sebelumnya pelatihan dilakukan melalui daring.
“Tim ini dibentuk khusus untuk fokus bersama trainer instruktur mengurusi semua kebutuhan pengajuan sertifikasi ISO 14001:2015 dan menjadi auditor bagi internal kampus,” terang Ketua TPKBBL sekaligus Kaprodi Pendidikan Biologi tersebut.

ISO 14001 adalah standar yang disepakati secara internasional dalam menerapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Lingkungan (SML).

SML membantu organisasi memperbaiki kinerja lingkungan melalui penggunaan sumber daya yang lebih efisien dan pengurangan limbah, sehingga mendapatkan keunggulan kompetitif dan kepercayaan pemangku kepentingan.

Di lokasi yang sama, Priyo Wasono, S.T. selaku trainer ISO 14001 menyampaikan bahwa sesuai arahan rektor yakni UIN Raden Intan adalah bagian dari project green campus dan itu sangat relevan dengan target dari tim ISO agar UIN bisa bersertifikat ISO 14001:2015.

“Apa yang sudah dilakukan untuk green campus sebenarnya sudah sangat luar biasa, namun ini dirasa masih belum cukup bahwa kampus ini masih membutuhkan pengakuan secara internasional,” terang Pak Priyo sapaan akrabnya.

Menurutnya, mulai dari menyiapkan kebijakan lingkungan hingga identifikasi aspek lingkungan yang ada untuk nanti pada gilirannya kita dapat mengendalikan itu semua serta terdokumentasi secara baik sehingga saat saat auditor datang semua sudah siap.

“Semoga target kita untuk sertifikasi bisa berjalan dengan lancar dan di akhir tahun kita sudah mengantongi sertifikat ISO 14001:2015 serta alhamdulillah saya di sini didampingi oleh tim yang sangat solid” tutup Priyo Wasono. (RS)