Suasana Kuliah Umum Penerapan ISO 14001:2015.

UIN Raden Intan Lampung melalui Tim Pengembang Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) selenggarakan kuliah umum tentang penerapan ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan, Rabu (21/10/2020). UIN merupakan kampus pertama di Indonesia yang akan menerapkan ISO tersebut.

Kuliah umum ini diikuti oleh pimpinan unit kerja di lingkungan UIN melalui aplikasi Zoom dan bertujuan untuk menyamakan frekuensi para pimpinan terkait implementasi ISO 14001:2015. Implementasi ISO ini nantinya diterapkan untuk seluruh aktivitas di lingkungan UIN Raden Intan Lampung.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian akhir dari finalisasi ISO tentang Sistem Manajemen Lingkungan. Pekerjaan ini tentu bukan pekerjaan yang sederhana, ini harus menjadi kesadaran dan etika sosial bersama,” kata Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg saat memberi pengarahan dalam kuliah umum.

Menurutnya, untuk mewujudkan visi UIN sebagai kampus rujukan Internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan, harus dengan komitmen bersama.

“Harus dengan tulus dan ikhlas dalam berbuat dan menampakan kebaikan di kampus ini. Kebaikan kita bukan hanya ibadah kepada Allah, bermuamalah ke sesama manusia, tetapi juga peduli terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Penerapan Sistem Manajemen Lingkungan dilaksanakan secara terintegrasi sebagai upaya efektivitas dan efisiensi dalam menjalankan proses manajemen guna memenuhi persyaratan lingkungan dan juga pengendalian terhadap aspek lingkungan dari seluruh aktifitas.  Proses penerapan ini dilakukan secara transparan, konsisten dan terus-menerus untuk upaya perbaikan sistem manajemen universitas secara berkesinambungan. (NF/HI)