Hari Menanam Pohon Indonesia 2018, PT. Pelindo II Tanam Pohon di UIN Lampung

Foto: PT. Pelindo II dan Pimpinan UIN Raden Intan yang didampingi Tim Pengembangan Ecocampus menanam bibit pohon pulai. (Dok. Istimewa)

Bandar Lampung – Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018, PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II / Indonesia Port Corporation (IPC) menanam 50 pohon pulai (Alstonia scholaris) di lingkungan Kampus UIN Raden Intan Lampung (28/11). Rangkaian kegiatan tersebut merupakan bagian dari IPC Goes to Campus dan dihadiri oleh ribuan mahasiswa UIN.

HMPI yang ditetapkan dalam Keppres RI No. 24 Tahun 2008 merupakan langkah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon.

Rangkaian kegiatan yang diawali dengan kuliah umum ini dibuka langsung oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung. Dalam sambutannya Prof. Dr. H. Moh. Mukri, M.Ag. menyampaikan apresiasi dan respon positif atas kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan ini bisa menambah wawasan khususnya bagi mahasiswa terkait pelabuhan dan maritim.

“Negara kita adalah negara maritim dan peran kita sebagai penduduk bumi sangat penting dalam menjaga keberlangsungan laut kita dengan tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga keberadaan pohon sebagai paru-paru dunia,” ujar Prof. Mukri.

Usai kegiatan kuliah umum, Dani Rusli selaku Direktur Teknik Manajemen Resiko PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II bersama Pimpinan UIN Raden Intan Lampung melakukan penanaman pohon pulai. Kegiatan yang berpusat di belakang Mahad Al-jamiah UIN ini juga didampingi langsung oleh Tim Pengembangan Ecocampus.

Foto: PT. Pelindo II dan Pimpinan UIN Raden Intan yang didampingi Tim Pengembangan Ecocampus menanam bibit pohon pulai. (Dok. Istimewa)

UKM Maharipal melalui Miftahul Sobri yang merupakan anggota Tim Pengembangan Ecocampus yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Kampus Hijau UIN Raden Intan Lampung tersebut.

“Kegiatan ini sangat positif bagi kami Sivitas Akademika UIN Raden Intan. Selain membantu menjaga keseimbangan alam, kegiatan ini juga diharapkan bisa menambah kesadaran masyarakat khususnya di lingkungan kampus atas pentingnya keberadaan pohon,” terang  Sobri.

Ketua Umum UKM Maharipal ini juga berharap 50 bibit pohon pulai yang ditanam hari ini bisa tumbuh kembang dengan baik dan menjadi tambahan penyuplai oksigen mengingat saat ini sedang marak terjadi ilegal logging oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Ia juga berharap agar kegiatan seperti ini terus dilakukan demi terciptanya suasana kampus yang semakin hijau dan asri. (RS)

Tinggalkan Balasan