Hijaukan Kampusmu, Hijaukan Hidupmu

Foto: Kegiatan penanaman seribu bibit pohon Kampus UIN Lampung

Bandar Lampung – Menurut UI GreenMetric, persentase perbandingan area kampus yang berupa hutan paling ideal adalah diatas angka 22% dibandingkan luas area kampus yang ada.

Penilaian luas hutan kampus versi UI GreenMetric (2018), <1% bernilai sangat rendah, 1 – 2% bernilai rendah, >2 – 9% bernilai sedang, >9 – 22% bernilai tinggi, dan >22% bernilai sangat tinggi.

Hal tersebut selaras dengan apa yang disampaikan oleh Dr. Eko Kuswanto bahwa kampus hijau standar internasional idealnya memiliki 22% atau lebih area tertutup hutan kampus atau arboretum.

“Saat ini kampus UIN Raden Intan Lampung memiliki 14,62 hektare area berupa hutan dari total area kampus seluas 45 hektare,” tutur Ketua Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) tersebut.

Foto: Area hutan Kampus UIN Lampung diambil dari Google Earth.

Upaya lain terus dilakukan dalam memperluas dan menjaga area hutan kampus diantaranya seperti penanaman bibit pohon dan atau pengendalian pembangunan gedung kampus.

“Beberapa hari yang lalu kita telah melaksanakan kegiatan penanaman seribu bibit pohon sebagai upaya menambah luas area hutan kampus” Imbuhnya.

Irawansyah salah seorang mahasiswa UIN Raden Intan Lampung menyampaikan bahwa dia sangat senang memiliki kampus yang hijau dan asri, “Udara di kampus sangat segar dan suasananya juga asri karena banyak pepohonan rindang sehingga saya rasa kampus ini sudah cocok menjadi kampus hijau seperti yang diharapkan,” ungkapnya. (RS)

Tinggalkan Balasan